Artikel


  • Imam Karyadi Aryanto, SIP, MPA
  • 16 Agustus 2019 - 10:53:55

RAPAT KERJA AP2I KOMWIL DIY TAHUN 2019

RAPAT KERJA AP2I KOMWIL DIY TAHUN 2019

Teks: Zarah Ika Rahmawati ; Foto: Ayuka P.A.P. Sewamingi; Edit: Imam Karyadi Aryanto

 kepala bappeda diy - ketua pn ap2i

Kepala Bappeda DIY Budi Wibowo, SH, MM, memberikan arahan dalam Raker AP2I Komwil DIY, didampingi Ketua Umum Pengurus Nasional AP2I Periode Tahun 2018-2021 Dr. Ir.Suprayoga Hadi,MSP

 

Asosiasi Perencana Pemerintah Indonesia Komisariat Wilayah DIY (AP2I Komwil DIY)  menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) dengan mengusung tema “Memantapkan Peran Perencana dan Organisasi Profesi Perencana Dalam Rangka Mewujudkan Perencanaan yang Berkualitas” bertempat di Gedung Radyo Suyoso, 15 Agustus 2019.  Pelaksanaan Raker AP2I Komwil DIY memiliki maksud untuk memfasilitasi kiprah organisasi profesi pejabat fungsional perencana AP2I Komisariat Wilayah DIY sesuai DPA Bappeda DIY Tahun Anggaran 2019. Adapun Rapat Kerja ini bertujuan untuk (1) Mensosialisasikan AD ART dan Program Kerja Pengurus Nasional AP2I dalam rangka peningkatan profesionalitas Fungsional Perencana dan peningkatan peran organisasi AP2I dalam kerangka proses pembangunan daerah (2) Melakukan proses penggantian pengurus AP2I Komwil DIY Masa Bakti 2016-2019 dan pembentukan pengurus baru Komwil DIY Masa Bakti 2019-2022 (3) Memberikan arahan kebijakan kepegawaian terkait peningkatan profesi fungsional perencana di DIY.

Dalam arahannya, Kepala Bappeda DIY Budi Wibowo, SH, MM selaku Pembina AP2I Komwil DIY menyampaikan "fungsional perencana adalah ujung tombak (penyusunan perencanaan) di Bappeda (dan instani K/L/D/I lainnya) . Sehingga perencana dituntut dapat berperan besar dalam berpartisipasi dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat." Ketua Umum Pengurus Nasional AP2I Periode Tahun 2018-2021 Dr. Ir.Suprayoga Hadi,MSP yang turut hadir dalam acara Raker menyambut baik apresiasi Kepala Bappeda DIY bahwa "fungsional perencana memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengembangkan diri sebagai ASN. Hal ini sejalan dengan visi AP2I Menjadi Organisasi Profesi yang Mampu Membangun Profesionalisme Fungsional Perencana dalam Mendukung Kelembagaan Perencanaan di Pusat dan Daerah."

Ketua Umum AP2I memaparkan bahwa dalam mendukung peningkatan kompetensi dan profesionalisme anggota memiliki beberapa agenda strategis yang akan di-release pada Konggres Nasional bulan November 2019 di Jakarta. Agenda strategis tersebut antara lain, launcing lembaga sertifikasi profesi Perencana Pemerintah agar profesionalisme perencana bisa diakui secara interasional. Dengan sertifikasi ini perencana akan memiliki kesempatan lebih luas untuk berkiprah dan berperan dalam proses perencanaan di pusat dan daerah. Selain itu, perluasan networking, sinergi, kerjasama dengan berbagai lembaga akan didorong secara optimal untuk meningkatkan profesionalisme dan kompertensi  perencana. Dalam kongres Nasional ini juga akan di diresmikan perubahan nama AP2I menjadi Perkumpulan Perencana Pembangunan Indonesia (PPPI).

Berkenaan dengan kebijakan pembinaan jabatan fungsional perencana (JFP) di DIY, Kepala Bidang Pengembangan Pegawai BKD DIY Drs Harry Susan P, MA, MAP,  menjelaskan "berdasarkan Perdais No 1 Tahun 2018  tentang  Kelembagaan Pemda DIY, jabatan fungsional  di DIY memiliki fungsi yang strategis. Hal ini juga terlihat dari komposisi jabatan fungsional yang cenderung bertambah sementara jabatan eselon dan pelaksana menurun. Sehingga jabatan fungsional idealnya memiliki peran utama dalam konteks kelancaran pembangunan di daerah." Kepala Bidang Pengembangan Pegawai BKD, dalam paparannya juga menyampaikan fasilitasi yang telah dan akan dilakukan untuk pengembangan karir ke depan untuk JFP di DIY.

Seiring dengan berakhirnya masa bakti kepengurusan AP2I Komwil DIY 2016-2019, dalam Raker ini akan disusun kepengurusan untuk periode 2019-2021 yang akan dikukuhkan setelah pergantian nama AP2I menjadi PPPI diresmikan pada Rakernas November 2019. Berdasarkan laporan ketua AP2I Komwil DIY 2016-2019, Sugiyarto, SH, MM, (JFP Madya, Paniradya Kaistimewaan, DIY) dilaporkan jumlah anggota yang tergabung dalam AP2I Komwil s/d Agustus 2019, mencapai 46 yang berasal dari berbagai instansi di DIY. Diharapkan kepengurusan yang akan datang dapat meningkatkan pembaharuan yang bermanfaat bagi anggota dan jumlah keanggotaannya diharapkan kian bertambah. Pada akhir acara dilakukan Pemilihan Ketua AP2I Komwil DIY untuk periode 2019-2021 dengan hasil pemilihan Imam Karyadi Aryanto SIP, MPA (JFP Muda, Bappeda DIY). Dalam sambutan pendeknya, Ketua terpilih berharap seluruh anggota JFP agar berpartisipasi dalam kepengurusan dan membangun kerjasama untuk kesuksesan bersama. sesuai Tata Tertib Pemilihan, Ketua AP2I Komwil DIY untuk periode 2019-2021 diharapkan dapat membentuk kepengurusan segera untuk mewujudkan program/ kerja ke depan sebelum pelaksanaan akernas November 2019.

Ketua Umum Pengurus Nasional AP2I Periode Tahun 2018-2021 Dr. Ir.Suprayoga Hadi,MSP, Kepala Bidang Pengembangan Pegawai BKD DIY Drs Harry Susan P, MA, MAP beserta seluruh peserta Raker AP2I Komwil DIY berfoto bersama pada akhir acara.

 

 

Imam Karyadi Aryanto, SIP, MPA

Jabatan Perencana Muda

Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta
(0274)589583, (0274)557418
(0274)562811
(0274)586712
http://bappeda.jogjaprov.go.id
bappeda@jogjaprov.go.id

Kontak Kami

Silahkan Kirim Tanggapan Anda Mengenai Website Ini Atau Sistem Kami Saat Ini. Tanggapan Anda Sangat Membantu Untuk Meningkatkan Pelayanan Kami Kepada Masyarakat.Apabila terdapat kendala dalam menemukan informasi yang dicari dapat mengunjungi halaman FAQ