Artikel


  • Imam Karyadi Aryanto, SIP, MPA
  • 26 April 2018 - 11:05:11

Bappeda DIY menerima Kunjungan Studi Lapangan Pemkot Batu: Praktik Baik Penyusunan Renstra dan E-Planning

Kepala Bappeda DIY, Tavip Agus Rayanto didampingi Kepala Bidang Perencanaan Ni Made Dwipanti I., ST MT.,, dan Kasubid Perencanaan Kewilayahan, Danang Setiadi SIP. MT. beserta  Fungsional menerima Rombongan Studi Lapangan Penyusunan Renstra Perangkat Daerah Kota Batu, Jawa Timur Tahun 2018-2022 yang dipimpin langsung Kepala Bappeda Kota Batu, M. Chori. "Studi lapangan ini merupakan bagian dari kegiatan peningkatan kapasitas dan daya saing aparatur Pemerintah Kota Batu, Bappelitbangda akan menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kemampuan Teknis Aparatur Perencana bagi pejabat penyusun program OPD. Kami juga ingin belajar tentang Renstra Perangkat Daerah berbasis kinerja, serrta implementasi e-planning dalam penyusunan RKPD untuk membekali peserta dengan pengalaman praktek terbaik," sambut M. Chori, Kepala Bappeda Kota Batu.

Kepala Bappeda DIY, Tavip Agus Rayanto menyampaikan bahwa Pemda DIY, "melaksanakan perencanan s/d pelaksanaan pembangunan dengann pendeketan Result Oriented Government dengan memenuhi unsur-unsur pencapaian, keterkaitan, konsistensi. Kami menyusun perencanaan pembangunan dengan pendekatan money follow program prioritas yang perlu diikuti dengan perubahan kelembagaan dan nantinya akan diejawantahkan dalam bentuk desain cascade dan fungsi-fungsi yang mengikuti program prioritas." Kepala Bappeda DIY menambahkan bahwa Renstra Perangkat Daerah di DIY disusun dengan menggunakan logic framework yang dikenalkan oleh Kemenpan dan kemudian diwujudkan dalam panduan cascade untuk memudahkan pemetaan visi-misi Kepala Daerah sampai level program yang operasional pada tataran perangkat daerah dan memperjelas capaian indikatornya.Perubahan penyusunan Renstra pada periode RPJMD DIY 2012-2017 membawa konsekuensi perubahan dokumen RPJMD DIY 2012-2017, indikator-indikator dan berakibat pada review Renstra. Perubahan tersebut membawa hasil positif dengan penilaian LAKIP yang memperoleh nilai A, 4 tahun.

Danang Setiadi SIP. MT. menyambung paparan Kepala Bappeda DIY menyampaikan paparan e-planning."Pengembangan Jogjaplan dilaksanakan sejak tahun 2010 dan terus tumbuh sampai hari ini. Jogjaplan (http://jogjaplan.com) dapat diakses bebas oleh masyarakat dengan web dan perangkat smartphone. Masyarakat dapat memberikan masukan masalah pembangunan melalui Jogjaplan. Fitur-fitur jogjaplan dibangun mengikuti proses bisnis Perencanaan Pembangunan di DIY yang dikehendaki oleh Pemda DIY," Kasubid Perencanaan Kewilayahan menambahkan.  

Imam Karyadi Aryanto, SIP, MPA

Jabatan Perencana Muda

Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta
(0274)589583, (0274)557418
(0274)562811
(0274)586712
http://bappeda.jogjaprov.go.id
bappeda@jogjaprov.go.id

Kontak Kami

Silahkan Kirim Tanggapan Anda Mengenai Website Ini Atau Sistem Kami Saat Ini. Tanggapan Anda Sangat Membantu Untuk Meningkatkan Pelayanan Kami Kepada Masyarakat.Apabila terdapat kendala dalam menemukan informasi yang dicari dapat mengunjungi halaman FAQ