Artikel


  • Imam Karyadi Aryanto, SIP, MPA
  • 25 April 2018 - 12:27:09

Wakil Gubernur DIY Menutup Rangkaian Musrenbang RKPD DIY 2019

Wakil Gubernur DIY Menutup Rangkaian Musrenbang RKPD DIY 2019

Teks: Imam Karyadi Aryanto  Foto: Suatmaji

 

 

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menutup rangkaian Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2018 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) DIY Tahun 2019. Gubernur DIY dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Gubernur DIY menyampaikan, "Spirit dari kisah Hanacaraka (aksara jawa) yang mencerminkan pentingnya dialog dan harmoni dalam perencanaan pembangunan, diharapkan pendekatan-pendekatan perencanaan pembangunan yang dipergunakan dalam Musrenbang RKPD DIY ini dapat meningkatkan kualitas perencanaan di DIY." Direktur Daerah Tertinggal,Transmigrasi, dan Perdesaan, Drs. Sumedi Andono Mulyo, MA, Ph.D yang menyampaikan sambutan dan arahan Menteri PPN/ Kepala Bappenas menyampaikan perubahan global di Asia merupakan tantangan pembangunan nasional termasuk DIY. Drs. Sumedi Andono Mulyo, MA, Ph.D menyampaikan DIY memiliki modal sosial yang kuat dalam perencanaan pembangunan daerah di DIY.

Kepala Bappeda DIY, Tavip Agus Rayanto melaporkan hasil Musrenbang RKPD DIY 2019, bahwa "RKPD DIY 2019 merupakan tahun kedua dari RPJMD DIY 2017-2022 yang telah diundangkan melalui Perda DIY No.3 Tahun 2018, kedua Musrenbang dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif dengan melibatkan stakeholder. Kepala Bappeda DIY menyampaikan bahwa Tema RKPD DIY 2019  "Pemerataan Pembangunan Untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Yang berkeadilan didukung dengan mainstreaming (kemiskinan, disparitas, optimalisasi kawasan selatan, kesejahteraan warga) dan tematik serta penganggaran dari skema APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota."

Bersamaan dengan penutupan Musrenbang RKPD DIY 2019 ini disampaikan penghargaan Reka Cipta Bhakti Nugraha kepada Kabupaten/ Kota di DIY. Pengumuman hasil penghargaan Reka Cipta Bhakti Nugraha disampaikan Ketua Tim Penilai Reka Cipta Bhakti Nugraha, Ir. Bayudono M.Sc bahwa "Penghargaan Reka Cipta Bhakti Nugraha diberikan Pemda DIY kepada Pemerintah Kabupaten/Kota di DIY untuk menilai dokumen perencanaan (keterkaitan dan hasil pelaksanaan)." Pemberian penghargaan diserahkan kepada Kab. Kulon Progo (Terbaik I), Kab. Sleman (Terbaik II) dan Kab. Bantul (Terbaik III). 

(Materi Paparan dari penutupan musrenbang tersebut dapat diakses melalui: https://goo.gl/8hFALz )

Tags :
Perencanaan

Imam Karyadi Aryanto, SIP, MPA

Jabatan Perencana Muda

Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta
(0274)589583, (0274)557418
(0274)562811
(0274)586712
http://bappeda.jogjaprov.go.id
bappeda@jogjaprov.go.id

Kontak Kami

Silahkan Kirim Tanggapan Anda Mengenai Website Ini Atau Sistem Kami Saat Ini. Tanggapan Anda Sangat Membantu Untuk Meningkatkan Pelayanan Kami Kepada Masyarakat.Apabila terdapat kendala dalam menemukan informasi yang dicari dapat mengunjungi halaman FAQ