Berita

JFP's Corner

14 November 2016 - 10:20:43 Admin Bappeda

Strategi Penyelenggaraan Infrastruktur Bidang PU untuk Meningkatkan  Kualitas Lingkungan

Penulis : Imam Karyadi Aryanto, Perencana Pertama

(Jum’at 28 Oktober 2016) Bappeda DIY menyelenggarakan penerbitan jurnal Perencanaan yang tahun 2016 ini telah menginjak volume ke-3. Jurnal perencanaan pada tahun 2016 ini berupaya memberikan kembali ruang ekspresi, ide dan penulisan untuk para fungsional perencana. Berbagai tema perencanaan pembangunan dipresentasikan dan didiskusikan sebagai upaya para fungsional perencana memberikan kontribusi bagi organisasi Bappeda DIY maupun kontribusi kepada isu-isu publik terkini di DIY. Ruang presentasi konsep/ draft jurnal perencanan ini diberi nama Jabatan Fungsional Perencana Corner (JFP Corner).

JFP Corner #1 (JFP Corner Edisi 1) ini menampilkan presentasi narasumber Hernawan Nugroho,  (Perencana Muda) dengan tema “Strategi Penyelenggaraan Infrastruktur untuk meningkatkan kualitas lingkungan.” Presentasi dimoderatori Imam Karyadi Aryanto . Disampaikan oleh Hernawan, bahwa infrastruktur pekerjaanm umum (sumber daya air, bina marga, cipta karya) memiliki peran strategis dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, memberi kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi serta bagi peningkatan kualitas hidup. Pembangunan infrastruktur diharapkan tidak membawa kerusakan alam/ lingkungan dan memperhatikan keberlanjutan.

Sehingga strategi kebijakan pembangunan infrastruktur bidang pekerjaan umum dalam meningkatkan kualitas lingkungan antara lain:

  1. Strategi penataan ruang yang lebih berkualitas
  2. Penguatan kapasitas instansi di daerah dalam penyelenggaraan pembangunan infrastruktur Bidang PU
  3. Penguatan kerjasama antarsektor yang terkait
  4. Penguatan kapasitas pendanaan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas lingkungan.


Berita Terkait


Tidak ada berita yang terkait