Berita

Studi Banding DPRD dan Bappeda Kabupaten Kutai Kertanegara di BAPPEDA DIY

07 Agustus 2017 - 08:11:05 Admin Bappeda

DPRD dan Bappeda Kabupaten Kutai Kertanegara Laksanakan  Studi Banding Jogjaplan (E-Planning)

Penulis dan Foto: Imam Karyadi Aryanto

 

 

Dipimpin oleh Ketua DPRD Salehuddin, S.Sos, S.Fil, sekurangnya 10 orang rombongan DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara dan Bappeda Kabupaten Kutai Kartanegara melakukan kunjungan kerja untuk mengetahui keberhasilan pengembangan Jogjaplan. “Selain itu, rombongan ingin mengetahui bagaimana jogjaplan mengelola usulan masyarakat; pokok-pokok pikiran DPRD/ masyarakat. Kabupaten Kutai Kertanegara sendiri juga sudah membentuk sistem aplikasi e-planning dan budgeting,” ujar Ketua DPRD Kabupaten Kartanegara membuka maksud dan tujuan kunjungan kerja.

            Dalam kesempatan ini rombongan dari Kutai Kartanegara disambut Ni Made Dwipanti, ST. MT., Kepala Bidang Perencanaan yang menyampaikan bahwa “harmoni relasi antara eksekutif dan legislatif sangat diperlukan dalam penyusunan dokumen perencanaan. Kami di Pemda DIY memiliki keterbatasan dari sumber pendapatan dan tantangan dengan adanya UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang membatasi kewenangan; sementara itu keinginan konsituen dalam pokok-pokok pikiran perlu disesuaikan dengan aturan.”. Oleh karenanya pada tahun 2017, Pemda DIY menggunakan perencanaan tematik untuk menyelesaikan problem pembangunan di DIY: kemiskinan, ketimpangan wilayah, pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport, dan Pembiayaan Pembangunan. Desain perencanaan program tersebut mengarahkan Perangkat Daerah untuk membuat program/ kegiatan yang sesuai dengan tematik. Perencanaan tematik tersebut juga digunakan untuk menyelaraskan usulan program/ kegiatan yang diusulkan DPRD dalam pokok-pokok pikiran.

Kepala Bidang Perencanaan menjelaskan bahwa Jogjaplan merupakan sistem e-planning, adapun sistem e-budgeting berada di SIPKD pada DPPKA DIY; kedua sistem tersebut diintegrasikan dengan Data Warehouse. Danang Setiadi, Kasubid Perencanaan Kewilayahan menambahkan “Jogjaplan –yang dibangun sejak 2010/2011 ini- mendapatkan penghargaan/ apresiasi karena komitmen dari Gubernur DIY untuk mengimplementasikan perencanaan berbasis sistem informasi tersebut. Sistem referensi yang dibangun di Jogjaplan menapis usulan agar sinkron dan akuntabel.

Pada masa yang akan datang, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara mengharapkan Bappeda DIY, dapat menjadi mitra kerjasama. Kerjasama tersebut dapat berbentuk saran untuk penyempurnaan sistem informasi perencanaan dan transfer pengetahuan serta membangun kesepahaman antara eksekutif dan legislatif di Kabupaten Kutai Kartanegara