Berita

KONSULTASI REGIONAL PDRB JAWA, BALI, NUSA TENGGARA

23 Agustus 2017 - 14:17:41 Admin Bappeda

Paradigma pembangunan di era persaingan bebas dan keterbukaan semakin berkembang dan membawa tantangan baru yang semakin besar.  Hal ini menuntut peningkatan kapasitas dan daya saing perekonomian pada level nasional maupun regional melalui peningkatan kualitas dalam perencanaan.  Optimalisasi sumber daya harus dilakukan secara berkelanjutan dan ditopang dengan strategi kebijakan prioritas untuk meningkatkan kinerja pembangunan. Prioritas pembangunan nasional diarahkan pada tiga dimensi pokok, yakni dimensi sektoral untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing, dimensi kewilayahan untuk mempercepat pembangunan perdesaan dan kawasan, dan dimensi sosial untuk memenuhi kebutuhan dasar penduduk. 

Kawasan regional Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara (Jabalnusra) memiliki posisi strategis dalam menopang ketiga prioritas pembangunan.  Potensi pariwisata yang mendunia dan aktivitas ekonomi kreatif menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi kawasan Jabalnusra. Potensi ini harus didukung dengan kerjasama antardaerah yang sinergis dan saling menguntungkan untuk memanfaatkan setiap peluang dalam rangka memainkan peranan sentral dan memberi kontribusi yang besar bagi kepentingan masyarakat, daerah dan bangsa.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) dan Badan Pusat Statistik (BPS) bekerjasama secara rutin melakukan pertemuan dalam forum yang dinamakan Konsultasi Regional (konreg) PDRB guna memberikan andil/sharing untuk dapat menyediakan berbagai indikator atau instrumen statistik guna turut serta menyukseskan setiap program pembangunan yang akan dilaksanakan oleh suatu daerah. Pada tahun 2017, Konsultasi Regional PDRB dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksanaan ini berdasarkan kesepakatan bersama para peserta Konreg sebelumnya di Jawa Timur pada bulan Agustus 2016 dengan tujuan :

  1. Mewujudkan keselarasan, keserasian, dan keterpaduan perencanaan antar wilayah dan antar sektor.
  2. Membangun jaringan dan kerjasama antar provinsi dalam pengembangan dan pemanfaatan data statistik bagi perencanaan antar wilayah guna menciptakan ekonomi berkeadilan.

        Agenda yang akan dilaksanakan dalam konreg PDRB Jabalnusra 2017 di Yogyakarta antara lain :

  1. Penyelenggaraan Konreg PDRB se-Jabalnusra tahun 2017 akan dilaksanakan dalam bentuk seminar dan diskusi umum.
  2. Dalam bentuk seminar akan dipaparkan materi dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai keynote speech, BPS RI, Bappenas, Badan Ekonomi Kreatif, Bappeda DIY, Bappeda Provinsi Bali, dan Praktisi.
  3. Untuk diskusi umum, materi yang disampaikan merupakan rangkuman dari RKPD tahun 2018 dari setiap provinsi dalam rangka meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan infrastruktur untuk menopang pertumbuhan ekonomi dan pembangunan wilayah yang berkeadilan.

pada akhir konreg diharapkan muncul kesepatan-kesepakatan yang dapat mengakselerasi peningkatkan produktivitas dan daya saing, dimensi  kewilayahan untuk mempercepat pembangunan perdesaan dan kawasan, dan dimensi sosial untuk memenuhi kebutuhan dasar penduduk.