Berita


  • Admin Bappeda
  • 26 Februari 2018 - 12:31:07

Forum Konsultasi Publik Penyusunan RKPD DIY 2019

Forum Konsultasi Publik dalam Rangka Penyusunan RKPD DIY 2019

Tulisan: Imam Karyadi Aryanto; Foto: Suatmaji

 

Sekretaris Daerah DIY, Ir. Gatot Saptadi membuka Forum Konsultasi Publik dalam Rangka Penyusunan RKPD DIY 2019 pada hari Rabu, 21 Februari 2018 di Gedung Radyo Suyoso, Kompleks Kepatihan Danurejan Yogyakarta. Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah menyampaikan bahwa “Forum konsultasi publik dilaksanakan untuk menangkap isu-isu strategis terkini yang berpengaruh pada perencanaan pembangunan. Terutama, input untuk menampung masukan bagi perencanaan pembangunan daerah DIY, 2019 yang diperoleh dari stakeholder terkait: akademisi, masyarakat, legilstatif, pelaku usaha dsb.” Kegiatan konsultasi publik tersebut dilaksanakan untuk menindak lanjuti ketentuan Pasal 80 ayat (1) Permendagri No 86 tahun 2017. Pasal tersebut yang menyatakan bahwa Rancangan awal RKPD sebagaimana dimaksud dalam Pasal 79 dibahas bersama dengan kepala Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan. Pelaksanaan  konsultasi publik ini menjadi hal yang sangat penting, karena merupakan bahan untuk penyusunan RKPD  yang merupakan pedoman dalam  penyusunan kebijakan dan program pembangunan serta penyusunan anggaran tahun 2019. Turut hadir dan menjadi narasumber dalam Forum Konsultasi Publik ini antara lain Direktur Pengembangan Wilayah dan Kawasan Kementerian PPN/ Bappenas Drs. Oktorialdi, MA, Ph.D, Direktur Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Dr.Ir Muhammad Hudori M.Si, Kepala Bappeda DIY Tavip Agus Rayanto, Akademisi MPKD UGM Retno Widodo Dwi Pramono Ph.D.. Adapun diskusi dalam rangka menampung aspirasi/ masukan peserta forum dipandu oleh Staf Ahli Gubernur,Bayu Haryana.

Direktur Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah, Kemendagri Dr.Ir Muhammad Hudori M.Si mengapresiasi pelaksanaan forum konsultasi publik ini dan harapannya penyusunan RKPD DIY 2019 dapat selesai sesuai target. Direktur Pengembangan Wilayah dan Kawasan Kementerian PPN/ Bappenas Drs. Oktorialdi, MA, Ph.D menyampaikan bahwa sinkronisasi perencanaan pembangunan nasional dan daerah adalah isu penting saat ini dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan nasional.Oktorialdi mengingatkan sinkronisasi tersebut perlu diimplementasikan dalam pelaksanaan Rakortek Perencanaan Pembangunan Regional Jawa Bali Sumatra yang cukup penting dan akan berlangsung di Yogyakarta pada 26 Februari-3 Maret 2018. Materi selengkapnya dari acara ini dapat diunduh disini.

Tags :
musrenbang

Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta
(0274)589583, (0274)557418
(0274)562811
(0274)586712
http://bappeda.jogjaprov.go.id
bappeda@jogjaprov.go.id

Kontak Kami

Silahkan Kirim Tanggapan Anda Mengenai Website Ini Atau Sistem Kami Saat Ini. Tanggapan Anda Sangat Membantu Untuk Meningkatkan Pelayanan Kami Kepada Masyarakat.Apabila terdapat kendala dalam menemukan informasi yang dicari dapat mengunjungi halaman FAQ