Berita

DIY Menerima Pangripta Nusantara Utama Terbaik Tahun 2014

03 Mei 2014 - 11:55:45 nordin

embali Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta pada Tahun 2014 mendapatkan anugerah Pangripta Nusantara Utama dalam Kategori A diposisi pertama, yang pada tahun 2013 dan 2012 pada posisi kedua. Pemberian anugerah ini dilaksanakan dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 30 April 2014 di Jakarta yang diserahkan oleh Menteri Kepala PPN/Bappenas disaksikan oleh Presiden Republik Indonesia. Kementerian PPN/Bappenas menetapkan dua kelompok daerah, kategori A diberikan kepada daerah kategori sumber daya cukup besar untuk menyusun perencanaan pembangunan yang berkualitas. Kategori B diberikan kepada daerah dengan kategori sumber daya belum optimal namun mempunyai kemampuan potensial menyusun perencanaan pembangunan yang berkualitas. Adapun tujuan dari pemberian penghargaan bertujuan untuk mendorong setiap daerah untuk menyiapkan dokumen rencana pembangunan secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan; serta sekaligus menciptakan insentif bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan perencanaan yang lebih baik dan bermutu.

Kriteria penilaian didasarkan pada empat aspek, pertama keterkaitan antar dokumen RKPD Tahun 2014 dengan dokumen RPJMD dan RKP. Kedua, Konsistensi dalam dokumen RKPD dimana konsistensi antara hasil evaluasi dari capaian pembangunan tahun sebelumnya dengan isu strategis, isu strategis dengan prioritas, dan prioritas dengan pennganggaran. Ketiga, Kelengkapan dan kedalaman dokumen yang menyajikan kerangka ekonomi daerah, kebijakan keuangan daerah, analisis arah dan prioritas pengembangan wilayah, arah kebijakan percepatan pada pertumbuhan ekonomi daerah (pro growth), pengurangan kemiskinan (pro poor), pengurangan pengangguran (pro job), kebijakan pembangunan berwawasan lingkungan (pro-environment) dan percepatan pencapaian tujuan pembangunan millennium (MDG’s). Keempat, Keterukuran tujuan dan sasran RKPD 2014 yang dilengkapi dengan indikator kinerja.

Ditingkat Kabupaten-kota di wilayah DIY yang bersama-sama memperoleh penghargaan Pangripta Nusantara Pratama dalam Kategori B diposisi pertama adalah Kabupaten Gunung Kidul yang ditahun lalu berada diposisi kedua.