Berita


  • Admin Bappeda
  • 01 Mei 2022 - 12:00:20

Dewan Litbang DIY Hadir Untuk Pengentasan Kemiskinan

Kemiskinan merupakan permasalahan pokok dan kompleks yang dihadapi oleh setiap pemerintah daerah dan membutuhkan biaya besar serta pelibatan antar pemangku kepentingan. Persoalan kemiskinan juga bukan sekedar masalah ekonomi namun didalamnya lekat dengan masalah sosial, budaya dan kesehatan. Merespon situasi tersebut Dewan Penelitian dan Pengembangan DIY pada tanggal 25 April 2022 mengadakan rapat Koordinasi ‘Pengentasan Kemiskinan Menuju Hidup Layak Bermartabat Dan Mulia’. Rapat Koordinasi tersebut dibuka langsung oleh Bapak Drs. Kadarmanta Baskara Aji selaku Sekretaris Daerah DIY. Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dari antar pemangku kepentingan di sektor kelitbangan di DIY untuk menjadi bahan rumusan kebijakan kelitbangan di DIY.

Rapat Koordinasi diatas diawali dengan paparan oleh Prof. Mudrajad Kuncoro, Ph.d yang menyajikan data dan analisa tentang kemiskinan dan ketimpangan di DIY. Paparan berikutnya oleh Prof. drh. Aris Junaidi, Phd. Tentang pemanfaatan dana riset Kemendikbud untuk tujuan pengentasan kemiskinan. Selanjutnya yang terakhir adalah paparan oleh Ibu Dr. Erni Ummi Hasanah S.E., M.Si tentang harmonisasi sipartis 3S pentahelix dan social capital menuju kemuliaan martabat manusia jogja. Ketiga paparan diatas memberikan pencerahan tentang fakta, potensi dan strategi untuk DIY dalam mengentaskan kemiskinan.

Salah satu hasil yang mengemuka dari Rapat Koordinasi ini adalah Dewan Penelitian dan Pengembangan diharapkan dapat menjadi hub bagi hasil hasil penelitian baik di kampus, masyarakat atau dunia usaha dengan Pemerintah Daerah DIY. Dewan Litbang DIY juga diharapkan menjadi motor berlangsungnya skema kemitraan penelitian untuk topik pengentasan kemiskinan. Masukan yang tidak kalah penting adalah prioritas lokus, diseminasi dan aplikasi penelitian wilayah yang mengalami isu ketimpangan dan kemiskinan. Selanjutnya seluruh hasil dari rapat koordinasi tersebut akan dirumuskan menjadi bahan kebijakan untuk Gubernur DIY.

Tags :
Pembangunan

Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta
(0274)589583, (0274)557418
(0274)562811
(0274)586712
http://bappeda.jogjaprov.go.id
bappeda@jogjaprov.go.id

Kontak Kami

Silahkan Kirim Tanggapan Anda Mengenai Website Ini Atau Sistem Kami Saat Ini. Tanggapan Anda Sangat Membantu Untuk Meningkatkan Pelayanan Kami Kepada Masyarakat.Apabila terdapat kendala dalam menemukan informasi yang dicari dapat mengunjungi halaman FAQ