Loading

FAQ

DATAKU adalah penyempurnaan dari Sistem Informasi Profil Daerah (SIPD) di mana di dalamnya berisi informasi terkait dengan data-data pembangunan. Data-data ini akan dimanfaatkan sebagai bahan perencanan sehingga rencana pembangunan dapat tepat sasaran karena didukung oleh data.
Meningkatkan kesadaran dan komitmen pemerintah daerah akan pentingnya data dan informasi; meningkatkan kualitas perencanaan berdasarkan data yang mutakhir dan akurat; menyediakan data secara tepat, cepat dan akurat serta infrastruktur bagi pengambil keputusan di tingkat Daerah; meningkatkan kelancaran komunikasi data dan informasi antar Daerah; meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah; menyesuaikan format jenis data yang baru dari DIY.
Bidang Urusan adalah klasifikasi dari semua yang ditangani oleh pemerintah. Setiap Bidang Urusan ini akan memiliki SKPD yang bertanggungjawab di dalamnya. SKPD tersebut menjalankan ketugasannya guna meningkatkan kualitas dalam urusan tersebut.
Elemen adalah komponen yang ada di dalam Bidang Urusan. Sebuah klasifikasi yang dibuat guna mengelompokkan data berdasarkan hubungan atau jenisnya.
Data tersebut diperoleh dengan cara memproses data dasar menggunakan rumus tertentu untuk mendapatkan informasi baru.
Data tidak tersedia bisa juga dibilang komoditas tidak tersedia.
Data tersebut diperoleh dengan mekanisme proyeksi melalui mekanisme statistik dan formula yang telah ditentukan.
Data tersebut diperoleh dengan mekanisme ramalan.
Data tersebut belum final dan mungkin akan ada perubahan.
Data tersebut sudah final dan tidak akan ada perubahan lagi.
Sub Elemen adalah turunan dari elemen. Sub Elemen merupakan pengelompokan data dengan hirarki yang lebih kecil. Di bawah Sub Elemen masih ada banyak data yang ditampung.
Tahunan untuk dinamikanya rendah dan bulanan untuk data yang memiliki pergeseran lebih dinamis.
Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di DIY dan Lembaga-lembaga vertikal yang ada di DIY.