Loading
Sustainable Development Goals

Pendidikan Bermutu


Tujuan 4 TPB adalah menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua pada tahun 2030. Dalam rangka mencapai tujuan kehidupan sehat dan sejahtera pada tahun 2030, ditetapkan 10 target yang diukur melalui 23 indikator. Target-target tersebut terdiri dari menjamin akses terhadap pengasuhan anak usia dini, pendidikan dasar dan menengah, serta pendidikan kejuruan termasuk universitas yang terjangkau dan berkualitas, menghilangkan disparitas gender dalam pendidikan, membangun dan meningkatkan fasilitas pendidikan yang ramah anak, dan meningkatkan jumlah guru berkualitas. Upaya-upaya yang dilakukan untuk mencapai target-target tersebut dijabarkan pada kebijakan, program dan kegiatan yang akan dilakukan oleh pemerintah maupun organisasi nonpemerintah.

Kebijakan Tujuan 4. Untuk mewujudkan Tujuan 4 Pendidikan Berkualitas didasarkan pada strategi meningkatkan Kualitas manajemen dan layanan pendidikan di DIY yang inklusif dan berkeadilan, dengan arah kebijakan: (1) Peningkatan Aksesibilitas dan Kualitas Pendidikan, (2) Peningkatan kualitas pendidik dan sarana pendukung Pendidikan, (3) Peningkatan layanan pendidikan di DIY, (4) Memperkuat dan mengembangkan pendidikan karakter.

Program dan kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain: 1) program-program terkait peningkatan kualitas dan akses pendidikan dasar dan menengah, 2) program terkait peningkatan akses, kualitas, relevansi dan daya saing pendidikan tinggi, 3) program terkait peningkatan akses dan kualitas pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat, 4) program terkait penilaian mutu satuan pendidikan, 5) program terkait peningkatan kapasitas dosen, guru, dan tenaga kependidikan, 6) program terkait penyediaan/pemberian bantuan pendidikan untuk penduduk, 7) program terkait pengembangan dan pembinaan, dan pelindungan bahasa, 8) program terkait peningkatan kualitas kelembagaan, tata kelola, dan layanan pendidikan.


Tetap    Sementara    Sangat Sementara    n/a Tidak Ada   

Kode Indikator Indikator Sumber Data Satuan Baseline (2016) Realisasi Pencapaian
2017
2018
2019
2020
2021
Target 4.1. Pada tahun 2030, menjamin bahwa semua anak perempuan dan laki- laki menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah tanpa dipungut biaya, setara, dan berkualitas, yang mengarah pada capaian pembelajaran yang relevan dan efektif.
4.1.1 Meningkatnya Persentase SD/MI Terakreditasi Minimal B Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga % - 94,54 95,88 97,37 95,82 98,02
4.1.2 Meningkatnya Persentase SMP/MTs Terakreditasi Minimal B Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga % - - - 94,99 91,25 91,37
4.1.3 Meningkatnya Persentase SMA/MA Terakreditasi Minimal B Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga % - 87,50 88,89 89,81 95,53 92,76
4.1.4 APK Jenjang SD/MI/Sederajat Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga % 108,21 107,63 107,66 101,78 95,80 95,03
4.1.5 APK SMP/MTs/sederajat Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga % 112,63 110,72 113,20 102,86 97,80 99,81
4.1.6 APK Jenjang SMA/SMK/MA/Paket C Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga % 94,18 90,89 98,25 110,59 108,51 108,22
4.1.7 Angka Partisipasi Kasar (APK) anak yang mengikuti pendidikan anak usia dini (PAUD) Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga % n/a 54,54 54,54 67,75 67,46 64,76
4.1.8 Meningkatnya APK SMA/SMK/MA/Sederajat Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga % - -3,29 7,36 12,34 -2,08 -0,29