Dataku

23 September 2014 - 07:38:48 6483 Kali dibaca Admin Bappeda

Untuk menentukan arah dan kebijakan pemerintah harus didukung dengan data yang valid, up to date (terkini) dan dapat dipercaya sumbernya. Pemerintahan yang berbasis data akan memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal.

Namun untuk mendapatkan data yang akurat dan up to date merupakan persoalan yang sulit, data yang tersaji kebanyakan data yang sudah lampau. Sehingga kebijakan yang dibuat oleh pemerintah kadang kurang tepat sasaran karena data yang kurang akurat.

Bapeda sebagai salah satu unsur birokrasi yang berfungsi memberikan pelayanan data kepada masyarakat dituntut untuk menyediakan dan memberikan data yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan. Guna menyediakan data yang akurat diperlukan sarana dan prasarana yang memadai baik dari sumber data maupun cara pengolahan data sehingga menjadi data yang bisa dipakai atau digunakan untuk pemerintahan, akademisi maupun kalangan masyarakat umum.

Era demokrasi dan reformasi menuntut Pemerintah Provinsi untuk menyediakan layanan yang inovatif, perbaikan efisiensi administrasi, dan peningkatan kualitas layanan publik. Hal tersebut bisa diatasi dengan memanfaatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, yang mempercepat layanan kepada masyarakat, menghemat waktu dan biaya.

Sejalan dengan konsep Pemerintah Provinsi DIY untuk menerapkan E-Government di setiap sendi pelayanan pemerintahan, Bapeda berusaha mengembangkan Sistem Informasi Profil Daerah menjadi sistem informasi yang bisa memenuhi kebutuhan akan data base yang informatif dan akurat secara on line real time.