Sistem Informasi Penataan Ruang

18 Maret 2014 - 09:33:49 4306 Kali dibaca Admin Bappeda

Sistem Informasi Penataan Ruang adalah sebuah sistem yang berfungsi sebagai media untuk berkoordinasi stakeholder penataan ruang di DIY. sebagai tool untuk berkoordinasi dalam penataan ruang SIPR didesain memiliki fungsi-fungsi yang mengadopsi fungsi-fungsi Sistem Infromasi Geografi (SIG), Fungsi-fungsi yang dimiliki  antara lain :

Informasi Data Peta ;

Data peta adalah halaman yang dirancang untuk mempermudah pengguna menampilkan peta-peta tematik yang dimiliki oleh Bappeda provinsi DIY. Menu-     menu yang sederhana namun efisien sangat bermanfaat bagi pengguna awam untuk tetap bisa mengakses informasi-informasi spasial secara mudah. Melalui       halaman data peta, para pengguna bisa menampilkan beberapa peta sekaligus dan disusun dalam layer-layer yang memiliki fitur-fitur overlay secara dinamis.     Kedinamisan yang tersedia memungkinkan pengguna untuk menyusun peta-peta yang sedang dibutuhkan saja mulai urutan layer dari teratas sampai dengan   paling bawah

Katalog Peta;

Kumpulan peta-peta Daerah Istimewa Yogyakarta yang terbagi dari berbagai macam kategori dan berisi info mengenai detail dari masing-masing peta.

Analisis RTRW;

Melalui analisis RTRW sistem menyediakan fasilitas pemeriksaan RTRW Pola Ruang Provinsi dengan setiap RTRW Kabupaten dan Kota. Dengan sangat             mudah kita bisa melihat mana yang belum sesuai dan mana yang sudah memiliki kesesuaian. Informasi yang dihasilkan dapat menjadi kontribusi positif bagi     pemerintah provinsi dan kabupaten dalam mewujudkan pembangunan yang lebih baik dan sinergis;

Informasi Pendukung Keputusan

Dalam perencanaan wilayah berbasiskan spasial ada beberapa faktor dan jenis analisis yang bisa menjadi indikator kondisi sebuah daerah untuk memberikan informasi yang akurat. Penampilan informasi secara grafis, statistik dan berbasiskan GIS membuat para pengambil keputusan bisa langsung menilai tanpa harus membuka lembaran tabel atau puluhan buku laporan dan rekap. Kecepatan dan kemudahan memungut informasi pada akhirnya akan berperan dalam percepatan proses pembangunan yang kita idamkan bersama.