Berita


  • Admin Bappeda
  • 15 Desember 2021 - 18:47:12

Kickoff Meeting Penyusunan RKPD Tahun 2023

Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 merupakan babak baru dalam perencanaan pembangunan lima tahunan DIY kurun waktu 2022-2027, dan masih menjadi bagian dalam kurun waktu perencanaan jangka panjang, RPJP DIY tahun 2005 - 2025. Hal ini menjadikan tahun 2023 menjadi tahun peralihan bagi perencanaan pembangunan, karena RKPD tahun 2023 disusun tanpa mempedomani rencana pembangunan jangka menengah daerah.
Demikian diungkap Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X secara daring pada pada kick off meeting penyusunan RKPD DIY tahun 2023, Selasa (14/12) di Hotel Grand Rohan, Bantul.

Sri Sultan mengatakan, desain RKPD tetap harus memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan prioritas pembangunan pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP). Hal ini karena permasalahan pembangunan di DIY saat ini semakin kompleks dan dinamis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut ada perubahan mindset dengan memandang urusan pemerintahan sebagai not business as usual.
Hal yang digarisbawahi Gubernur perihal perencanaan tahun 2023 untuk Tim Anggaran Daerah atau TAPD DIY antara lain adalah penekanan pembangunan di wilayah selatan yang diharmonisasi dengan konsepsi Renaissans Yogyakarta, agar ketimpangan wilayah dan pendapatan di DIY dapat semakin berkurang.

Yang kedua adalah Penggunaan dan Penerapan Teknologi Informasi yang diharapkan dapat menjadi platform dalam setiap program/kegiatan yang kita desain. Penggunaan teknologi yang tepat guna dan berdaya guna akan mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terakhir adalah Reformasi Kalurahan sebagai bagian konsep membangun wilayah dari pinggiran. Reformasi level kalurahan dikembangkan agar secara cascading dapat terkoneksi dengan tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Selain itu, sebagai satuan pemerintahan yang terdekat dengan masyarakat, kelembagaan Kalurahan perlu dilakukan penguatan agar lebih dinamis dalam memberdayakan dan melayani masyarakatnya.

Acara Kick Off Penyusunan RKPD 2023 ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Bappenas, Kemendagri, dan Kemenkeu RI. Hadir pula sejumlah kepala OPD di DIY beserta para pejabat terkait.

Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta
(0274)589583, (0274)557418
(0274)562811
(0274)586712
http://bappeda.jogjaprov.go.id
bappeda@jogjaprov.go.id

Kontak Kami

Silahkan Kirim Tanggapan Anda Mengenai Website Ini Atau Sistem Kami Saat Ini. Tanggapan Anda Sangat Membantu Untuk Meningkatkan Pelayanan Kami Kepada Masyarakat.Apabila terdapat kendala dalam menemukan informasi yang dicari dapat mengunjungi halaman FAQ