Berita


  • Admin Bappeda
  • 07 September 2020 - 11:13:46

Persiapan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Reformasi Birokrasi Tahun 2020

Pada hari Sabtu, 5 September 2020 dilakukan persiapan evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) bertempat di Gedung Radyo Suyoso Bappeda DIY. Rapat dibuka oleh Sekretaris Daerah DIY Drs.Kadarmanta Baskara Aji, kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh Kepala Bappeda DIY, Drs.Beny Suharsono, M.Si mengenai Implementasi SAKIP dan RB di DIY. Paparan Kementerian PAN dan RB disampaikan oleh Sekretaris Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Drs.Agus Uji Hantara, Ak, ME, yang memfokuskan pada bagaimana membangun birokrasi yang efektif dan efisien melalui manajemen kinerja instansi pemerintah, serta zona integritas. 

Pada tahun 2019, Pemda DIY berhasil memperoleh predikat AA pada penilaian AKIP dengan skor sebesar 90,19. Beberapa hal yang telah dilakukan untuk meningkatkan efisiensi birokrasi adalah perumusan sasaran yang lebih berorientasi hasil, refocusing program kegiatan yang sesuai dengan sasaran sasaran pembangunan, dan upaya crosscutting program kegiatan. 

Predikat nilai AKIP menjadi salah satu hal yang krusial dalam birokrasi pemerintahan di DIY, selain sebagai salah satu indikator sasaran pembangunan, predikat nilai AKIP yang baik juga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dalam mewujudkan birokrasi yang bersih, bebas dari korupsi, dan pemberian pelayanan publik yang memuaskan.  

Tags :
Bappeda

Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta
(0274)589583, (0274)557418
(0274)562811
(0274)586712
http://bappeda.jogjaprov.go.id
bappeda@jogjaprov.go.id

Kontak Kami

Silahkan Kirim Tanggapan Anda Mengenai Website Ini Atau Sistem Kami Saat Ini. Tanggapan Anda Sangat Membantu Untuk Meningkatkan Pelayanan Kami Kepada Masyarakat.Apabila terdapat kendala dalam menemukan informasi yang dicari dapat mengunjungi halaman FAQ